Senin, 30 Mei 2011

Ferrari FXX Evoluzione Terjual 18 Miliar

(foto: flickr.com)

ARIZONA- Ferrari FXX Evoluzione telah terjual dalam pelelangan Scottsdale yang diselenggarakan Gooding & Company, Arizona, Amerika Serikat seharga Rp18 Miliar.
 
Mobil pabrikan Maranello, Italia tersebut telah berhasil memecahkan rekor dalam pelelangan Scottsdale 2011.

Model Ferrari FXX ini didukung dengan mesin V12 6.3l sampai 859 hp dan dapat mencapai batas kecepatan baru 400 km / jam (248,5) mph dan 0-100 km / jam dalam 2,5 detik.

Mobil ini juga dapat mengalami perubahan aerodinamis dan perbaikan pada sistem kontrol traksi.

Pada dasarnya Ferrari FXX dalam kurun waktu tahun 2005 sampai 2007 hanya memproduksi 30 unit.

David Gooding selaku presiden dan pendiri Gooding & Company, mengatakan "yang kuat 2011 penjualan lelang akan dapat meningkatakan permintaan untuk preservation-class quality cars”

Ferrari FXX merupakan rekor penjual tertinggi namun pada penjualan sepuluh besar yang terendah adalah Ferrari 1967 275 GTB / 4, yang luar biasa terjual 1.155.000 Dollar Amerika atau sekitar 10 Miliar Rupiah. 

Marcedes Kembangkan Bus masa Depan

(foto: Autoevolution)

JERMAN- Mercedes-Benz terus mengembangkan variannya. Kali ini produsen asal Jerman ini membangun kendaraan transportasi berupa bus masa depan. Dengan mengambil basis Citaro G, bus ini akan ditampilkan pada pameran bus yang digelar di Bremen, Jerman.

Mercedes membekali bus ini dengan fitur-fitur canggih, sebut saja WLAN, GPS dan LCD monitor untuk menayangkan berbagai saluran mulai dari informasi budaya, politik hingga bisnis.

Uniknya bus ini dilengkapi lampu LED yang dapat berubah warna merah dan hijau. Lampu ini ditempatkan disekitar pintu. Secara sederhana, lampu ini dapat memberitahu lewat pintu mana penumpang diperbolehkan naik atau turun.

Selain itu terdapat dua LCD monitor berukuran 58cm yang ditempatkan di luar pintu 1 yang menginformasikan kepada penumpang mengenai rute dan pemberhentian bus. Sementara 4 monitor yang berada didalam memiliki fungsi yang sama.

Hebatnya, bus ini dibuat untuk memanjakan pengemudinya. "Kokpit pengemudi telah diperiksa dan didesain ulang," ujar Dr Helmuth Warth, kordinator proyek Daimler Buses and EBSF.

"Hampir semua komponen dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Apakah itu panel isntrumennya, setir kemudi, atau sistem suspensi pada jok pengemudi. Hanya dengan cara ini kami bisa dapat memastikan pengemudi akan merasa nyaman duduk dan bekerja di kursinya," tambah Warth seperti dikutip dariAutoevolution, Kamis (26/5/2011).

Kapan yah bus seperti Citaro ini menggantikan patas Mercedes yang mulai mengeluarkan asap hitam dan pekat di Jakarta!

Mercy Siapkan Sportcar SLC

F: Mercedes Benz SLC (autoevolution)


STUTTGART – Pabrikan mobil asal Jerman, Mercedes Benz sedang bersiap merakit sebuah sportcar yang akan diberi nama SLC. Mobil ini akan menyaingi pabrikan sportcar lainnya, seperti Porsche dan Aston Martin.

Ahli mesin Porsche melakukan beberapa hal dianggap kemunduran dengan menempatkan mesin mobil di belakang. Mercedes coba membalikan kembali tren dan menempatkan mesin tetap di bagian depan. Seperti ditulis Autocar, perancangan SLS berjalan dengan baik dan mobil sport ini akan mesin V8.

Direncanakan SLC akan menembus pasar global pada 2014. Sementara harga diproyeksikan sebesar 75.000 poundsterling (sekitar Rp1 miliar lebih). SLC akan hadir dengan dua pintu seperti layaknya mobil sport kebanyakan. Mercy juga akan hadir dengan atap kain.

"Mercedes-Benz tidak memiliki membangun mobil dengan mesin tengah. Kami hanya sesekali bermain dengan ide pada mobil konsep. Tapi bila Anda melihat ke belakang, perusahaan didefinisikan oleh mobil sport bermesin depan, seperti versi SL," jelas sumber Mercedes.

Salah satu saingan utama bagi SLC adalah new 911 Porsche. Anggota tim engineering AMG yang terlibat dalam strategi pengembangan, menggambarkan varian Porsche 911 Carrera S sebagai tolok ukur dinamis. Mercy juga akan menunjuk pada Aston Martin V8 Vantage sebagai pesaing.

Aman Berkendara Dengan Marcedes

F: Mercedes-Benz Driving Events (autoevolution)
F: Mercedes-Benz Driving Events (autoevolution)

STUTTGART - Mercedes-Benz punya tradisi panjang soal keselamatan berkendara, tak terkecuali di tahun ini. Pabrikan mobil asal Jerman ini mengumumkan akan melakukan kampanye Mercedes-Benz Driving Events dengan AMG Driving Academy.

Mercedes-Benz sudah rutin mengadakan event keselamatan mengemudi ini di dua belas tempat dan empat area off-road di seluruh Jerman. Targetnya adalah pengemudi yang masih berstatus pelajar untuk bisa menjadi professional dan berpengalaman sebagai pengendara yang baik.

Untuk mendaftar dalam program pelatihan ini, pengemudi harus memegang surat izin mengemudi kelas 3 atau surat izin mengemudi kelas B.

Mercedes-Benz akan menyediakan kendaraan yang digunakan dalam pelatihan. Armada mobil yang disiapkan adalah A-Klasse hingga S-Klasse termasuk varian Mercedes-Benz SUV.

"Dengan memberikan program nasional dengan harga yang terjangkau, kami bertujuan mengajak sebanyak mungkin pengendara mobil dari usia 18 hingga 25 tahun," kata Ulrich Mellinghoff, Kepala Pengembangan Keselamatan Mercedes.

Tiap Tahun Ratusan Bikers Tewas Di Jalan

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, setiap tahun ratusan bikers di Jakarta meninggal dunia dalam kasus kecelakaan. Jumlah itu belum termasuk korban luka-luka.

Pada 2007 tercatat, kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sebanyak 3.522 kejadian. Dari jumlah tersebut, 719 orang meninggal dunia, 1.703 mengalami luka berat, dan 2.454 orang luka ringan.

Sedangkan 2008, kasus kecelakaan mencapai 3.619 kejadian, 662 orang di antaranya meninggal dunia, 1.674 mengalami luka berat, dan 2.629 orang luka ringan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono mengaku, banyak faktor yang menyebabkan tingginya jumlah kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Beberapa faktor itu di antaranya faktor infrastruktur misalnya jalan rusak dan berlubang, kemudian faktor kendaraan dan manusia.

"Mudahnya mendapatkan kendaraan tanpa dibarengi perilaku atau tata cara mengemudi yang baik dan benar juga menjadi pemicu kasus kecelakaan itu," kata Kombes Pol Condro Kirono.

Menurut Condro, sarana dan prasarana rambu lalu lintas misalnya penerangan lampu di malam hari, traffic light, dan pembatas jalan juga menjadi faktor pemicu kecelakaan.

"Saya kira penyebabnya tidak hanya satu faktor. Karena itu, semua pihak harus betul-betul peduli agar jumlah dan korbannya dapat berkurang," ujarnya.

Menurut Condro, setiap wilayah di Jakarta masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jika wilayah itu area geografisnya lebih luas, banyak jalur panjang, dilalui kendaraan berat, dan infrastrukturnya rusak parah biasanya banyak terjadi kecelakaan. "Kalau itu terpenuhi semua otomatis angka kecelakaannya lebih besar," tegas dia

Mobil Paling Aman Versi IIHS

F: Uji Ford Focus (autoevolution)


ANGELES - Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) Amerika memilih 6 dari 13 mobil yang mengikuti tes tabrakan. Enam mobil ini memiliki nilai tertinggi dari tes yang dilakukan. Selain itu keenam mobil ini telah dilengkapi fitur keselamatan dan menjadi fitur standarnya. Keenam mobil tersebut adalah:

Ford Focus 2012
Versi 2012 mendapatkan nilai baik untuk bagian depan, samping, rollover dan belakang untuk tes tabrakan. Selain itu mobil ini telah dilengkapi kontrol stabilitas elektronik sebagai fitur standar. Menurut IIHS teknologi tersebut dapat menekan angka kematian sebesar 50 persen.

Honda Civic 4 pintu
IIHS telah menguji mobil ini dan mengganjar nilai baik untuk sekeliling mobil ini. Selain itu mobil ini juga telah dilengkapi kontrol stabilitas elektronik.

Hyundai Elantra 2011
IIHS menjadikan Elantra sebagai contoh bagaimana mobil ini dapat meningkatkan keamanan dari waktu ke waktu. Dalam rentan waktu 2001 hingga 2006 mobil ini selalu mendapat nilai buruk. Kini mobil ini selangkah lebih maju dan berhasil mencetak nilai baik di keempat tes tabrakan dan juga telah dilengkapi kontrol stabilitas elektronik.

Lexus 200h CT 2011
Mobil berbasis mesin hybrid ini menghasilkan 43 mpg di kota dan 40 mpg dijalan raya dan mendapatkan nilai tertinggi dikategori keselamatan.

Nissan Juke 2011
Croosover buatan pabrikan Jepang ini mendapatkan nilai baik di keempat tes tabrakan dan telah dilengkapi kontrol stabilitas elektronik. Mobil dengan desain stylish ini menghasilkan 30 mpg di kota dan 34 mpg di jalan raya.

Toyota Prius 2011
Mobil ini menjadi kendaraan paling hemat bahan bakar yakni menghasilkan 51 mpg dikota dan 48 mpg dijalan raya. Selain itu mobil ini mendapat peringkat tertinggi di ke empat tes kecelakaan dan memiliki kontrol stabilitas elektronik sebagai fitur standar.
(zwr)

Dugati Moster 1100 Evo



F: Ducati Monster 1100 Evo (MCN)


BOLOGNA – Awal tahun ini Ducati menelurkan keluarga Monster dengan mengeluarkan Monster 1100 Evo. Ducati mengklaim motor ini paling bertenaga sekaligus aman dikendarai.

Tak pelak bila Monster 1100 langsung menjadi motor favorit para pecinta motor sport dengan tenaga besar. Namun, Monster 1100 bukanlah motor yang praktis untuk dikendarai. Hanya, motor ini menjadi kuda besi yang bergaya klasik namun mengusung teknologi modern.

Perbedaan besar dengan varian sebelumnya adalah tenaga yang naik mencapai 100 Dk. Naik lima Dk dari versi sebelumnya. Monster 1100 Evo juga mendapat penyempurnaan di bagian mesin Desmodromic L-Twin dengan menggendong dua silinder, dua klep pada setiap silinder.

Desain knalpot mendapat pembaruan dan sudah tidak lagi berada di bawah jok motor. Konfigurasi knalpot 2-1-2, catalytic converter dan dijamin sudah lolos standar emisi Euro 3. Mufflernya berbahan dasar almunium yang diklaim Ducati menjadi ringan.

Ada yang unik dengan Monster 1100 Evo ini, yakni menggunakan sistem kopling basah. Namun, pemilihan ini diganjar dengan suara perpindahan gigi yang menjadi lebih halus, setelah kopling dilumasi oli.

Bagian suspensi mengalami perubahan dengan menggendong Marzocchi 43 mmdengan diameter yang sama. Peleknya juga memiliki desain palang baru. Yang paling istimewa adalah rem ABS (antilock brake system) dan DTC (Ducati Traction Contro).

Chassis
Frame : Tubular steel Trellis frame
Wheelbase : 1450mm (57.1in)
Rake : 24°
Front suspension : Marzocchi 43mm fully adjustable usd forks
Front wheel travel : 130mm (5.1in)
Front wheel : 10-spoke in light alloy 3.50 x17
Front Tyre : 120/70 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
Rear suspension : Progressive with preload and rebound Sachs adjustable monoshock
Rear wheel travel : 148mm (5.8in)
Rear wheel : 10-spoke in light alloy 5.50x17
Rear tyre : 180/55 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
Front brake : 2 x 320mm discs, 4-piston radial calliper with ABS
Rear brake : 245mm disc, 2-piston calliper with ABS
Fuel tank capacity : 13,5l (3.6USgal)
Dry weight : 169kg (373lb)
Instruments : Digital unit displaying: Speedometer, rev counter, time, scheduled maintenance warning, oil temperature, trip fuel, lap time, warning light for low oil pressure, fuel level, fuel reserve, neutral, turn signals, warning ABS, overrev, DTC, immobilizer. Ready for DDA system.
Warranty : 2 years unlimited mileage
Body Colour (frame/wheel) : Red with white stripe (red / black) - Diamond Black with Racing grey stripe (racing gray / black)
Versions : Dual seat
Seat height : 810mm (31.9in)

Engine
Type : L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air cooled
Displacement : 1078cc
Bore x Stroke : 98 x 71.5mm
Compression ratio : 11.3:1
Power : 100hp (73.5kW) @ 7500rpm
Torque : 76lb-ft (10.5kgm) @ 6000rpm
Fuel injection : Siemens electronic fuel injection, 45mm throttle body
Exhaust : Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and two lambda probes. Twin aluminium mufflers

Transmission
Gearbox : 6-speed
Ratio : 1=37/15 2=30/17 3=27/20 4=24/22 5=23/24 6=24/28
Primary drive : Straight cut gears; Ratio 1.84:1
Final drive : Chain; Front sprocket 15; Rear sprocket 39
Clutch : Wet multiplate with hydraulic control

Emissions
Standard : Euro 3

Mobil Perang Ramah Lingkungan


Gambar




























Indianapolis - Tentara Amerika Serikat ternyata tidak hanya tertarik membuat berbagai mesin perang yang menakutkan, tentara Paman Sam juga tertarik membuat mobil perang yang 'ramah lingkungan.'

Sebuah kendaraan bernama Clandestine Extended Range Vehicle (CERV) yang merupakan sebuah mobil perang dengan dapur pacu bersistem hybrid diperlihatkan di ajang Indianapolis 500 beberapa waktu lalu.

Mobil perang ramah lingkungan ini diciptakan oleh Quantum dan TARDEC. Quantum sendiri sebelumnya sudah pernah membuat 'fuel cell hybrid electric alternative mobility vehicle (AMV)' untuk militer Amerika.

CERV sendiri merupakan sebuah kendaraan siluman yang menggunakan sasis ringan dengan mesin diesel yang berpadu bersama motor listrik. Perpaduan ini membuat CERV menjadi 25 persen lebih irit dibanding kendaraan yang masih menggunakan mesin konvensional saja.

Mobil yang dilengkapi dengan sistem penggerak semua roda alias all-wheel drive ini juga memiliki performa yang impresif karena bisa mencapai kecepatan maksimum 129 km perjam.

Selain itu, seperti detikOto kutip dari autoevolution, Senin (30/5/2011), mobil yang bisa hidup di segala medan ini juga mampu memanjat jalanan curam dengan kemiringan sampai 60 derajat.

"Sesuai dengan kepentingan nasional dalam hal efisiensi bahan bakar, daya terbarukan dan keamanan energi, TARDEC sepenuhnya terlibat dalam program-program ambisius yang mendorong pengembangan kendaraan hybrid electric untuk penggunaan militer AS. CERV di Indianapolis Motor Speedway menjadi bukti kalau industri pertahanan dan otomotif telah belajar banyak dan merupakan indikator yang valid dimana teknologi ini bisa melaju," kata Direktur TARDEC NAC Paulus Skalny.

Pembongkaran Separator Semanggi Di Kawal Pejuang

Jakarta - Setelah beberapa jam sempat ditutup, akses masuk ke Plaza Semanggi dari ruas Jl Gatot Subroto, Jakarta, kembali dibuka. Proses pembongkaran separator beton tersebut bahkan dikawal oleh 'pejuang' lengkap dengan senjata bambu runcingnya.

Aksi pembongkaran berlangsung pada sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (30/5/2011). Sebuah kendaraan fork lift dan beberapa orang pekerja memindahkan separator beton setinggi satu meter yang pagi ini dipasang oleh Dishub DKI Jakarta.

Belasan orang pria berusia lanjut dan berkostum seragam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) tampak mengawal proses pembongkaran tersebut. Beberapa di antara mereka tampak menggenggam bambu runcing yang di ujungnya diikat kain warna merah dan putih.

Aksi para 'pejuang' mengawal proses pembongkaran separator menjadi tontonan para pengendara yang melintas di depan Plaza Semanggi. Tak ayal kemacetan lalu lintas pada jam pulang kantor di ruas Jl Gatot Subroto menuju Pancoran menjadi semakin parah, hingga kawasan Semanggi di Jl Sudirman.

Pembongkaran separator ini merupakan bentuk protes pengelola Gedung LVRI yang juga merupakan pengelola Plaza Semanggi. Akibat penutupan akses masuk tersebut, jumlah pengunjung Plaza Semanggi disebut-sebut turun hingga 40% sehingga membuat para pemilik usaha di pusat pembelanjaan mewah itu merugi.

Sedangkan tindakan Dishub DKI Jakarta memasang separator yang menutup akses masuk Plaza Semanggi dari Jl Gatot Subroto, bertujuan mencairkan kemacetan lalu lintas. Persilangan antara kendaraan yang memasuki dan meninggalkan Plaza Semanggi, saling bertumpuk di pintu akses tersebut hingga membuat tersendat arus lalu lintas dari arah Slipi menuju Pancoran.

5 Modus Perampokan Mobil Di Jalan Tol

5 Modus Perampasan Mobil di Jalan Tol



Gambar

Jakarta
 - Perampasan mobil di tol dengan cara menabrak mobil korban bukan satu-satunya modus kejahatan. Sedikitnya ada lima cara lain yang kerap dilakukan para penjahat. Apa saja?

Koordinator Indonesian Crime Analyst Forum (ICAF) Mustofa B Nahrawardaya memaparkan, modus perampasan mobil di jalan tol perlu diketahui publik sebagai bentuk antisipasi. Waspada menjadi kata kunci dalam mencegah setiap kejahatan.


1. Menabrak dari belakang atau serempetan
Kejadian ini yang paling banyak digunakan oleh pelaku karena dianggap paling mudah dilakukan dan paling efektif memancing korban agar keluar dari mobil sebelum dirampas. Untuk mengesankan alami, biasanya pelaku tidak menabrak secara frontal, melainkan dengan cara soft. Bisa menyerempet, atau sekedar menabrak bumpernya saja. Modus ini, dianggap efektif karena secara spontan korban akan keluar dari kabin mobil dan meminta si penabrak bertanggung jawab. Saat itulah, korban pura-pura diajak ke pinggir dan dicari lokasi sepi untuk dihajar.

2. Memotong laju kendaraan
Hati-hati apabila tiba-tiba ada mobil lain yang memotong laju kendaraan anda di jalan tol. Kejadian ini biasanya berlangsung cepat. Pelaku awalnya akan mengaku sebagai polisi atau intel yang bertugas memeriksa dan akan menangkap korban. Jika korban sudah terpancing keluar dari kabin, saat itulah pelaku akan melakukan aksi brutal. Mobilpun dibawa lari, sementara korban babak belur di pinggir tol. Pelaku tak segan membawa korban ke dalam mobil lain untuk dibuang di luar jalan tol.

3. Memberitahukan sesuatu kode
Jangan lekas percaya terhadap kode yang diberikan pengendara lain kepada anda saat anda melaju di jalan tol. Boleh saja Anda berhenti setelah ada kode dari seseorang. Namun jangan lekas keluar dari mobil. Tunggu sampai ada petugas lewat, atau coba menghubungi petugas melalui telepon yang ada. Kode-kode yang sering digunakan pelaku biasanya memang lazim. Misalnya kode ban kempes, bamper lepas. Atau kadang kode yang membingungkan, dengan isyarat tangan sambil menunjuk ke mobil anda. Dengan kode-kode tertentu biasanya kita terpancing untuk keluar dari kabin dan melihat apa yang terjadi.

4. Membuat keributan
Ada saja modus yang dilakukan penjahat di jalan tol. Salah satunya adalah dengan sengaja bikin ribut terhadap sesama pemakai jalan tol. Misalnya menjatuhkan sesuatu dari mobil agar dilindas oleh mobil di belakangnya. Jika pelindas kabur, lalu pelaku berpura-pura mengejar hingga tertangkap. Apabila sudah ditangkap, maka aksi brutal pun dilakukan. Ingat, sebaiknya kita tidak cepat melayani orang-orang seperti itu. Pengguna jalan tol, harus waspada. Jika terlihat mencurigakan, hindari keributan di tol. Jangan cepat-cepat merespon sesuatu yang mencurigakan seperti itu.

5. Memasang jebakan
Bagi yang baru saja parkir di rest area, waspadalah. Saking banyaknya mobil parkir di sana, bisa dimanfaatkan oleh oknum. Apalagi parkir gratis, sangat rawan terjadi aksi jebakan yang seolah mematikan. Jebakan ini biasanya sepele, namun akibatnya fatal. Pelaku bisa memasang semacam kaleng-kaleng bekas yang dirangkai dan ditali di belakang mobil korban. Agar sukses, kaleng-kaleng itu dibuat sedemikian rupa agar jatuh dan terseret pada beberapa KM usai rest area. Biasanya korban dipilih yang sendirian di mobil. Jika tiba-tiba ada suara aneh di belakang mobil anda usai rest area, jangan cepat turun. Apalagi dlm kondisi mesin hidup. Biasanya ada mobil lain yang juga ikut berhenti di belakang. Mobil inilah yang berisi komplotan pemasang jebakan yang nanti akan merampas mobil saat anda penasaran dan turun dari kabin.