Senin, 30 Mei 2011

Marcedes Kembangkan Bus masa Depan

(foto: Autoevolution)

JERMAN- Mercedes-Benz terus mengembangkan variannya. Kali ini produsen asal Jerman ini membangun kendaraan transportasi berupa bus masa depan. Dengan mengambil basis Citaro G, bus ini akan ditampilkan pada pameran bus yang digelar di Bremen, Jerman.

Mercedes membekali bus ini dengan fitur-fitur canggih, sebut saja WLAN, GPS dan LCD monitor untuk menayangkan berbagai saluran mulai dari informasi budaya, politik hingga bisnis.

Uniknya bus ini dilengkapi lampu LED yang dapat berubah warna merah dan hijau. Lampu ini ditempatkan disekitar pintu. Secara sederhana, lampu ini dapat memberitahu lewat pintu mana penumpang diperbolehkan naik atau turun.

Selain itu terdapat dua LCD monitor berukuran 58cm yang ditempatkan di luar pintu 1 yang menginformasikan kepada penumpang mengenai rute dan pemberhentian bus. Sementara 4 monitor yang berada didalam memiliki fungsi yang sama.

Hebatnya, bus ini dibuat untuk memanjakan pengemudinya. "Kokpit pengemudi telah diperiksa dan didesain ulang," ujar Dr Helmuth Warth, kordinator proyek Daimler Buses and EBSF.

"Hampir semua komponen dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Apakah itu panel isntrumennya, setir kemudi, atau sistem suspensi pada jok pengemudi. Hanya dengan cara ini kami bisa dapat memastikan pengemudi akan merasa nyaman duduk dan bekerja di kursinya," tambah Warth seperti dikutip dariAutoevolution, Kamis (26/5/2011).

Kapan yah bus seperti Citaro ini menggantikan patas Mercedes yang mulai mengeluarkan asap hitam dan pekat di Jakarta!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar