Senin, 30 Mei 2011

Tiap Tahun Ratusan Bikers Tewas Di Jalan

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, setiap tahun ratusan bikers di Jakarta meninggal dunia dalam kasus kecelakaan. Jumlah itu belum termasuk korban luka-luka.

Pada 2007 tercatat, kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sebanyak 3.522 kejadian. Dari jumlah tersebut, 719 orang meninggal dunia, 1.703 mengalami luka berat, dan 2.454 orang luka ringan.

Sedangkan 2008, kasus kecelakaan mencapai 3.619 kejadian, 662 orang di antaranya meninggal dunia, 1.674 mengalami luka berat, dan 2.629 orang luka ringan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono mengaku, banyak faktor yang menyebabkan tingginya jumlah kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Beberapa faktor itu di antaranya faktor infrastruktur misalnya jalan rusak dan berlubang, kemudian faktor kendaraan dan manusia.

"Mudahnya mendapatkan kendaraan tanpa dibarengi perilaku atau tata cara mengemudi yang baik dan benar juga menjadi pemicu kasus kecelakaan itu," kata Kombes Pol Condro Kirono.

Menurut Condro, sarana dan prasarana rambu lalu lintas misalnya penerangan lampu di malam hari, traffic light, dan pembatas jalan juga menjadi faktor pemicu kecelakaan.

"Saya kira penyebabnya tidak hanya satu faktor. Karena itu, semua pihak harus betul-betul peduli agar jumlah dan korbannya dapat berkurang," ujarnya.

Menurut Condro, setiap wilayah di Jakarta masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jika wilayah itu area geografisnya lebih luas, banyak jalur panjang, dilalui kendaraan berat, dan infrastrukturnya rusak parah biasanya banyak terjadi kecelakaan. "Kalau itu terpenuhi semua otomatis angka kecelakaannya lebih besar," tegas dia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar