Senin, 30 Mei 2011

Mobil Perang Ramah Lingkungan


Gambar




























Indianapolis - Tentara Amerika Serikat ternyata tidak hanya tertarik membuat berbagai mesin perang yang menakutkan, tentara Paman Sam juga tertarik membuat mobil perang yang 'ramah lingkungan.'

Sebuah kendaraan bernama Clandestine Extended Range Vehicle (CERV) yang merupakan sebuah mobil perang dengan dapur pacu bersistem hybrid diperlihatkan di ajang Indianapolis 500 beberapa waktu lalu.

Mobil perang ramah lingkungan ini diciptakan oleh Quantum dan TARDEC. Quantum sendiri sebelumnya sudah pernah membuat 'fuel cell hybrid electric alternative mobility vehicle (AMV)' untuk militer Amerika.

CERV sendiri merupakan sebuah kendaraan siluman yang menggunakan sasis ringan dengan mesin diesel yang berpadu bersama motor listrik. Perpaduan ini membuat CERV menjadi 25 persen lebih irit dibanding kendaraan yang masih menggunakan mesin konvensional saja.

Mobil yang dilengkapi dengan sistem penggerak semua roda alias all-wheel drive ini juga memiliki performa yang impresif karena bisa mencapai kecepatan maksimum 129 km perjam.

Selain itu, seperti detikOto kutip dari autoevolution, Senin (30/5/2011), mobil yang bisa hidup di segala medan ini juga mampu memanjat jalanan curam dengan kemiringan sampai 60 derajat.

"Sesuai dengan kepentingan nasional dalam hal efisiensi bahan bakar, daya terbarukan dan keamanan energi, TARDEC sepenuhnya terlibat dalam program-program ambisius yang mendorong pengembangan kendaraan hybrid electric untuk penggunaan militer AS. CERV di Indianapolis Motor Speedway menjadi bukti kalau industri pertahanan dan otomotif telah belajar banyak dan merupakan indikator yang valid dimana teknologi ini bisa melaju," kata Direktur TARDEC NAC Paulus Skalny.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar